top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Bahaya Menggunakan Produk Yang Mengandung Merkuri

Kebanyakan semua wanita ingin memiliki kulit wajah yang putih, bersih nan berkilau, hal ini sering kali menjadi standar kecantikan kebanyakan perempuan. Banyak cara-cara yang mereka gunakan agar kulit mereka sama dengan yang ada di dalam sebuah katalog dan sosial media, padahal yang kita ketahui bahwa kulit asli yang dimiliki wanita Indonesia itu berwarna sawo matang lho.


picture from Dailysia

Banyak dari mereka yang beralih menggunakan bahan-bahan yang tidak sesuai dengan anjuran yang sudah ada, seperti hal nya menggunakan berbagai macam krim malam dan pagi yang didalamnya bahkan mereka sendiri tidak ketahui kandunganya. Membuat kulit wajah menjadi putih itu bisa saja dilakukan secara instant namun apakah kalian tahu efek sampingnya yang terdapat pada krim yang kalian gunakan? bisa saja di dalamnya ada berbagai macam bahan kimia berbahaya, misalnya seperti merkuri.


Apa yang kalian ketahui mengenai merkuri? Merkuri sendiri merupakan suatu bahan kimia yang seringkali terdapat dalam sabun dan krim pencerah kulit sebagian juga terdapat pada pengawet produk kosmetik seperti produk mascara dan pembersih rias mata. Merkuri juga sangat popular dalam kandungan pemutih wajah, kemampuanya yang dahsyat dapat menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat atau di sebut dengan putih instant. Padahal di balik hal itu semua merkuri justru membuat kulit kita menjadi rusak lho girls.


Tapi apakah kalian sudah tahu efek samping dibalik pemakaian krim pemutih yang mengandung merkuri? Apa justru kalian tidak mengetahui dan hanya tahu kalau krim yang mengandung merkuri itu justru bagus untuk kulit? Jika belum lihat ini dulu yuk girls.


picture from Alodokter.com

1. Efek pertama jika keseringan menggunakan krim yang mengandung merkuri ini yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada system pencernaan, saraf dan ginjal. Wah kalau ini sih bukan main-main lagi seremnya kan girls?


2. Lalu efek yang kedua dapat menyebabkan berkurangnya system bekerja pada otak, kalian bisa membayangkan enggak sih girls, hanya karena menggunakan krim ini justru dapat menyebabkan berkurangnya system kinerja orak kita.

picture by Indozone.id

3. Membuat kulit semakin pucat dan memunculkan flek, bukanya tambah putih malah justru memunculkan penyakit lainya. Sebaiknya menggunakan bahan dasar alami ya girls biar tidak memunculkan hal buruk lainya.

4. Dapat menyebabkan kanker kulit, wah kalian bisa membayangkan ini enggak sih girls, hanya karena masalah menggunakan produk kecantikan malah justru membuat dampak buruk bagi kulit kita dan bahkan menimbulkan penyakit semacam kanker.

picture by Bombastis.com

5. Timbulnya iritasi dan inflamasi pada kulit, efek kali ini sering kali muncul pada setiap penggunaan krim yang mengandung merkuri, seperti munculnya tanda kemerahan dan ruam. Wajah mungkin akan menjadi cerah karena pemakaian krim yang mengandung merkuri namun saat bertemu dengan sinar matahari, wajah bisa saja berubah menjadi udang bahkan sampai keunguan seperti lebam. Hal ini bisa terjadi karena efek rebound dimana ketika pemakaian telah dihentikan.


Itu dia girls dampak negative pemakaian krim kecantikan yang mengandung merkuri, kalian tidak mau kan jika kulit kalian terjadi seperti yang diatas? Maka dari itu kalian harus lebih memperhatikan kandungan yang ada didalam skincare kalian ya agar terhindar dari bahan yang mengandung merkuri seperti diatas. Semangat girls, karena untuk cantik itu membutuhkan usaha dan jangan menggunakan hal ini ya, lebih baik menggunakan yang alami saja.

7 views0 comments

Comments


bottom of page