top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Tips Merawat Rambut Sesuai Jenis Rambut


Picture by Pinterest

Menjaga model rambut ikal yang natural

Bagi kamu pemilik rambut ikal, mungkin perawatannya tidak mudah, tetapi para ahli memberi tips mudah merawat rambut ikal yaitu sebagai berikut.


Hindari mengeringkan rambut dengan handuk,

Saat rambut basah, jangan keringkan dengan handuk ataupun meluruskannya dengan sisir. Proses mengeringkan rambut dengan handuk membantu rambut semakin ikal menggumpal yang saat mengering justru akan mengurangi keindahan ikal alamimu.


Pertahankan model rambut,

Cukup cuci rambut dua atau tiga kali seminggu. Lindungi rambut dengan penutup seperti syal saat tidur untuk mencegahnya kusut.


Picture by Pinterest

Ingin kembali dengan gaya rambut natural

Ketika kamu adalah sorang yang mudah bosan dengan gaya rambut, sering mengecat warna rambut warna-warni, terbiasa dengan mencatok rambut, lalu kamu ingin kembali dengan gaya rambut aslimu yang natural. Maka lakukan hal berikut:


Menjaga rambut agar tetap terhidrasi,

Kamu akan merasakan perbedaan pada kulit kepala dan rambutmu saat terhidarasi dengan baik. Karena ketika rambut kurang terhidrasi, kamu akan mendapat masalah kulit kepala yang kering dan kusut. Cara menghidrasi secara internal yaitu dengan minum air yang cukup, dan secara eksternal yaitu dengan masker rambut secara rutin.


Bilas dengan air dingin,

Saat kamu menggunakan masker rambut seminggu sekali, biasanya kamu mendiamkannya selama beberapa jam untuk membiarkan kandungan masker tersebut meresap. Maka sebaiknya kamu bilas menggunakan air dingin, karena air dingin membantu menutup kutikula rambutmu, yang membantu meningkaan kilau dan mempertahankan kelembapan.


Picture by Prevention.com

Jika memiliki rambut yang kering dan rapuh

Memperbaiki akar masalah rambut dalam waktu enam bulan, oleh karena itu para ahli menyarankan untuk melakukan hal ini ketika kamu memiliki rambut yang kering dan rapuh:


Hindari alat panas,

Saat memotong rambut, gunakan kondisioner dan perawatan rambut tanpa menggunakan alat yang mengeluarkan suhu panas (misal blower). Biarakan rambut yang basah mengering dengan sendirinya.


Investasikan pada perawatan yang memperkuat rambut,

Saat akar rambut sudah kuat dan kamu sudah terbiasa merawat rambut secara rutin agar tetap sehat, maka kamu bisa mewarnai rambut Anda lagi sambil melakukan tindakan pencegahan agar tidak merusak rambut indahmu.


Picture by sg.style.yahoo.com

Rambut yang diproses secara berlebihan

Rambut yang terlalu sering dan lama diproses oleh 'bleaching' yang terlalu kuat dapat menyebabkan rambut rusak. Terkadang penata rambut pun tidak bisa menakar kadar yang seharusnya. Jika hasil dari proses bleaching tersebut gagal atau warna yang tidak merata ditambah rambut rusak. Maka para ahli menyarankan untuk melakukan hal berikut ini.


Temukan penata rambut yang professional dan berpengalaman,

Pakar penata rambut harus mempertimbangkan kesehatan rambut pelanggan, dan itu sulit jika penata rambut mu belum berpengalaman atau baru mulai bekerja dalam beberapa bulan. Ciri penata rambut yang ahli dan professional adalah ketika kamu pergi ke salon, mereka selalu merekomendasikan dan memilihkan warna yang cocok untuk rambutmu dan lebih berhati-hati agar tidak tumpang tindih. Lallu kamu akan diarahkan untuk menggunakan bleach dengan kadar rendah yang membutuhkan pemrosesan lebih lama agar tidak tumpang tindih dengan highlight. Tapi itu layak dilakukan.


Juga gunakan produk warna rambut yang juga menawarkan perawatan dan perlindungan terhadap rambut.


Picture by gupshupavenue.com

Jika terdapat pola keriting yang rusak

Bersusah payah untuk meluruskan dan mewarnai rambut, namun berujung kerusakan pada rambut akibat terlalu banyak melalui tahapan. Adapun saran dari para ahli adalah sebagai berikut.


Berkomitmen pada rutinitas jangka panjang,

Ketika kamu memutuskan untuk berhenti menggunakan alat pencatok rambut, kamu tidak akan langsung memiliki rambut sehat. Memerlukan waktu yang lama dan komitmen dalam menjaga kesehatan rambut.


Gunakan produk dengan bahan yang menurutrisi rambut,

Selain menjauhi alat catok dari rambutmu, tingkatkan rutinitas mencuci rambut mingguan. Gunakan shampo dan kondisioner yang menutrisi rambut. Seperti kandungan keratin, sebagai penguat setiap helai rambut membantu dalam melindungi rambut yang rusak. Beberapa bahan lain yang perlu diperhatikan yaitu minyak kelapa, minyak argan, lidah buaya (aloe vera), dan spirulina.

6 views0 comments

댓글


bottom of page