top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Cantik Itu Hal Relatif, Ini lah Standar Kecantikan Yang Ada Di Berbagai Negara


picture by Dove Beauty Campaign

Definisi cantik memang merupakan hal relatif karena penilaian orang akan definisi cantik subjektif. Namun, walau sifatnya subjektif pasti ada poin poin yang menjadi bahan acuan seseorang untuk mendefinisikan kecantikan. Setiap Negara memiliki standar kecantikan yang berbeda – beda dipengaruhi oleh ras dan budaya yang terdapat pada suatu Negara tertentu. Berikut perbedaan standar kecantikan yang ada dari berbagai Negara.


1. Korea Selatan


picture by WowKeren.com

Memiliki wajah kecil dengan mata bundar dengan kelopak mata serta kulit yang putih dan badan yang kurus merupakan standar kecantikan yang ada di Korea Selatan. Selain itu perempuan di Korea Selatan juga mendambakan wajah yang cantik secara alami, maka dari itu kerap kali perempuan Korea Selatan mengaplikasikan make up yang natural pada wajah mereka. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah putih dan awet muda, salah satu cara terpopuler yang kerap dilakukan di Korea Selatan adalah operasi plastic, dilansir dari katadata.com pada tahun 2014 Korea Selatan merupakan Negara dengan rasio per kapita paling banyak melakukan operasi plastik, operasi yang paling digemari adalah operasi kelopak mata sebesar 74% dan terus meningkat sejak tahun 2010.


2. Amerika Serikat


picture by wearemitu

Karena banyaknya berbagai macam suku, ras dan budaya yang terdapat di Amerika Serikat, susah untuk menentukan bagaimana standar kecantikan yang ada disana. Mulai dari kulit terang hingga terang, rambut hitam hingga pirang semua tergantung pada masing – masing individu, semua bebas berekspresi.


3. Brazil


picture by metroguiltypleauser.com

Sedikit berbeda dengan Korea Selatan, wanita brazil akan dianggap cantik apa bila memiliki warna kulit yang gelap serta bertubuh sedikit gemuk, selain warna kulit dan bentuk tubuh rambut berwarna pirang juga benjadi salah satu tipe ideal di Brazil


4. Jepang


picture by pinterest

Gigi gingsul merupakan hal yang menjadi idaman bagi wanita Jepang, memiliki gigi gingsul digambarkan sebagai wanita yang manis, polos dan terlihat awet muda. Selain itu hal ini juga menjadi salah satu tren kecantikan di Jepang, banyak sekali produk yang menawarkan untuk membuat gigi gingsul di Jepang, tren ini dinamai Yaeba.


5. Prancis


picture by fashiongum.com

Bagi wanita Prancis, penampilan yang natural adalah hal yang paling cantik untuk mereka. Wanita Prancis lebih memilih untuk tampil secara alami dengan riasan make up yang simple dan natural dengan bulu mata yang lentik dan bibir yang merah, atau kesan “no make up look”. Selain itu, wanita Prancis menyukai gaya rambut yang terkesan sedikit berantakan. Bagi mereka definisi cantik adalah ketika mereka menjadi diri mereka sendiri, menurut mereka akan lebih baik terbiasa dengan hal – hal yang sudah mereka milik dan memanfaat hal tersebut ketimbang mengubah dirinya menjadi orang lain.


6. Australia


picture by wallhere.com

Tidak jauh berbeda dari Brazil, wanita Australia akan dianggap lebih menarik apabila memiliki kulit kecokelatan. Meski banyak wanita Australia yang terlahir dengan kulit putih, biasanya mereka akan rela berjemur dibawah sinar matahari untuk melakukan tanning agar memiliki warna kulit yang kecokelatan. Rambut yang sedikit ikal atau bergelombang juga digemari oleh banyak wanita di Australia.


7. India

picture by Quora

Bagi wanita India, memiliki rambut yang panjang merupakan suatu mahkota yang berharga, semakin panjang dan hitam rambutnya makan akan dianggap semakin cantik. Selain rambut yang panjang, wanita di India juga sangat mendambakan memiliki warna kulit yang cerah, hal ini terbukti dengan laris manisnya produk pencerah wajah di India, Fair and Lovely. Saking tingginya pembelian produk Fair and Lovely sampai muncul beauty campaign bertajuk #UnfairAndLovely, yang mengkampanyekan bahwa untuk menjadi cantik kita tidak harus memiliki kulit yang putih.


8. Mauritania


picture by tumblr

Berbeda dari kebanyakan Negara lainnya, wanita Mauritania akan dianggap cantik apa bila memiliki tubuh yang gemuk, bukan hanya sekedar tampilan fisik namun, tubuh yang gemuk melambangkan kekuatan dan kesuburan bagi wanita di Mauritania.


9. Jerman


picture by fustany.com

Cantik secara natural adalah suatu hal yang di Inginkan oleh banyak wanita di Jerman, mereka menganggap bahwa akan terlihat cantik secara natural apa bila memiliki freckles atau bintik hitam di wajahnya.


10. Indonesia


picture by top10for.com

Yang terakhir adalah Indonesia, standar kecantikan di Indonesia bisa dilihat dari bihun, kenapa bihun? Karena banyak wanita di Indonesia menginginkan tubuh yang langsing, serta kulit yang putih. Tidak berbeda jauh dari India, produk pencerah kulit wajah di Indonesia juga sangat laku di pasaran.


Nah Beauty People, berikut adalah beberapa Negara yang memiliki standar kecantikan yang berberbeda – beda. Dari ke 10 negara diatas dapat dilihat bahwa cantik bisa diartikan secara luas dan relative, tergantung bagaimana orang lain memandangnya dan tergantung budaya yang ada. Maka dari itu kita sebagai wanita tidak perlu khawatir dengan penampilan fisik kita, kita cantik apa adanya, because the true beauty is within you #ShowYourColor.

4 views0 comments

Comentários


bottom of page