top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Cara Mencegah Rasisme Sejak Dini Pada Anak

Manusia terbagi menjadi beberapa kelompok dari berbagai macam belahan dunia manapun, dengan tersebarnya manusia di muka bumi ini dapat mememungkin seseorang memiliki berbagai macam budaya, ras, bahasa, suku, agama dan warna kulit berbeda-beda bukan? Berbagai macam jenis warna kulit sudah tersebar hampir di berbagai macam belahan dunia manapun, ada yang memiliki warna kulit putih, kuning langsat, dan hitam.


Namun perlu kalian ketahui bahwa dengan adanya perbedaan ini justru membuat adanya perselisihan dan diskriminasi yang terjadi di masyarakat, ya sebuah rasisme. Apa yang kalian ketahui mengenai rasisme? Rasisme sendiri merupakan sistem kepercayaan yang menyatakan bahwa perbedaan biologis seorang manusia yang menentukan pencapaian dalam suatu budaya dan ras tertentu. Orang berkulit gelap sering di sebut-sebut sebagai sesorang yang terlihat jahat di mata mereka si pemilik kulit putih, mereka selalu beranggapan jika masyarakat yang memiliki kulit hitam itu terlihat jahat.

picture from wbur.org

Perlu kalian ketahui, bahwa sifat tersebut jika terus menerus di kembangkan dari jaman ke jaman malah justru membuat konflik, maka dari itu tanamlah sebuah penjelasan kepada keluarga, teman, dan orang di sekitar kita untuk berfikir secara terbuka, tidak selalu yang di lihat itu sama dengan yang di bicarakan bisa saja itu kebalikan untuk mereka sendiri, berikan penjelasan kepada mereka agar mengerti dan dengan harapan besar mereka bisa menerima perbedaan ini.


Inilah beberapa perilaku yang positif dan tindakan yang harus kami lakukan agar terhindari dari rasisme, berikan pengetahuan sejak dini kepada anak, teman, dan keluarga. Melihat tidak semua orang harus sama dan hal inilah yang membuat kita menjadi satu, satu dalam kekeluargaan yang harmonis.


1. Ajarkan anak mengenai ras sejak dini

Mengingat kita tidak hidup dalam satu ras saja, dan hal inilah yang merupakan point utama dalam memberikan pembelajaran kepada anak kita di kemudian hari. Berilah mereka pengetahuan sejak dini mengenai ras, tahukan kalian usia bayi dari 2 tahun hinggal 4 mereka sudah mengetahui bias ras sampai dimana usia mereka menginjak usia 12 tahun.

picture by unicef.org

Perkenalkanlah mereka dengan berbagai macam suku, ras, dan budaya yang berbeda dan hal inilah yang membuat mereka mengetahui, bahwa mereka tinggal dan hidup bukan dengan orang dengan ras yang sama ada pula yang berbeda dan hal inilah yang membuat kenyamanan tersendiri untuk mereka.


2. Jadilah contoh yang baik untuk anak

Sebagai orang tua jelas saja memiliki peran yang sangat besar dan penting untuk tumbuh kembang anak bukan? Banyak sekali pembelajaran yang harus mereka berikan kepada anak mereka agar selalu berada di jalan yang sesuai dengan norma yang berlaku.

picture by parade.com

Seperti kutipan “buah terjatuh tidak jauh dari pohonya” istilah ini yang menggambarkan bahwa sikap seseorang orang tua tidak akan jauh dari anak mereka. Maka dari itu berilah contoh yang baik untuk mereka, karena mereka pasti akan melakukan hal yang sama juga sama seperti kalian.


3. Mengajarkan kepada anak bahwa perbedaan itu akan selalu ada

Sejak dini kita pasti selalu bertanya-tanya mengenai sesuatu hal dan salah satunya mengenai warna kulit seperti, “kenapa warna kulit ku tidak sama denganya?.” Pertanyaan ini pasti selalu ada dalam percakapan ibu dan anak.

picture by popbela.com

Dalam masalah ini sebagai orang tua hak kalian hanya untuk memberikan penjelasan dengan pelan dan dengan bahasa yang mudah di pahami. Kalian hanya perlu menjelaskan bahwa kita hidup di dunia tidak selalu harus sama dengan orang lain, dengan adanya perbedaan justru yang membuat kita semua selalu bersama tanpa harus mencela ras dan budaya mereka masing-masing.


5 views0 comments

Comments


bottom of page