top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Cerita Ririe Prams soal Laki-laki yang Hanya Tertarik dengan Perempuan Berkulit Putih


picture from @ririeprams on instagram

Ririe Prameswari adalah seorang influencer, beauty blogger, dan juga beauty vlogger yang dikenal sebagai Ririe Prams. Ririe memulai mengunggah video Youtube sejak 2014, yang saat ini sudah memiliki 265.000 subscribers. Konsistensinya menugunggah video Youtube memiliki konten yang informatif seperti makeup tutorial, skin care routine, dan ulasan mengenai produk-produk kecantikan.

Dalam channel nya yaitu Ririe Prams, ia menggunggah video berjudul “DIBULLY KARENA WARNA KULITKU SAWO MATANG? INI CARA AKU BANGKIT BIAR LEBIH PEDE!” pada 29 April 2019 menceritakan pengalamannya bahwa sejak masih bersekolah merasa down dengan warna kulitnya yang sawo matang. Ririe mendapat tindakan colorism dari teman-temannya seperti “ih item banget sih lu” bahkan orang terdekat yakni orang tuanya mengatakan “dekil banget ya”, seringkali ia mendapat kritikan dari orang-orang sekitar, teman, bahkan ibu dari temannya mengatakan “kamu tuh jangan main keluar rumah mulu, kamu tuh item banget”. Tindakan colorism yang Ririe alami tidak hanya dari perempuan, namun juga dari laki-laki, seorang laki-laki mengatakan kepada Ririe “sayang ya lu item coba kalo putih, gue mau deh sama lo”.


Pada masa tersebut yang membuat Ririe down, ia sempat berpikiran untuk suntik putih, datang ke klinik kecantikan untuk treatment memutihkan kulit. Ketika ia mencoba treatment kecantikan yang memutihkan kulit, ia merasa tidak puas dengan hasilnya. Karena tidak memutihkan warna kulit secara merata, masih banyak bagian yang lebih gelap seperti bagian mata, sektar bibir, dan hasilnya memiliki warna kulit wajah yang berbeda dengan bagian leher. Ririe juga mengatakan bahwa ia insecure dengan bagian lipatan pada kulit seperti ketiak dan bagian lipatan lainnya, nmaun ia mengatakan wajar ketika memiliki warna yang cenderung gelap di bagian lipatan akan lebih gelap lagi.


Lalu pada akhirnya Ririe bertemu dengan laki-laki yang saat ini sudah menjadi suaminya tidak pernah sekalipun menyinggung warna kulit, hal ini yang membuat Ririe percaya diri dengan warna kulitnya. Ia juga mengatakan akan menanamkan rasa percaya diri pada anaknya yang juga memiliki kulit warna sawo matang, bahwa “sawo matang itu tidak jelek dan sawo matang itu cantik”.

Namun sekarang Ririe lebih percaya diri dengan warna kulit yang dimilikinya, ia bahkan tidak berniat untuk memutihkan kulitnya. Ia juga tidak tertarik sama sekali untuk bekerja sama, kolaborasi, maupun endorse krim pemutih, ataupun vitamin yang memutihkan kulit, walaupun produk tersebut terverifikasi halal dan BPOM. Karena dalam pengalamannya ia pernah mencoba multi vitamin untuk memutihkan kulit terkenal dari jepang, sayangnya menimbulkan biduran yaitu reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentrol berwarna kemerahan disertai rasa gatal.


Ririe juga mengatakan bagaimana cara merawat diri cara agar lebih percaya diri adalah dengan memiliki mindset bahwa kulit asli apapun warnanya itu cantik. Menurutnya cantik sehat, terawat, dan bahagia. Ia mengatakan bahwa karena sehat, karena dengan kulit sehat walaupun gelap akan terlihat glowing, terawat dengan produk yang tidak harus mahal asalkan cocok dikulit, dan bahagia adalah salah satu kunci utama agar terlihat tetap fresh walaupun kulitnya sawo matang. Ririe juga memperjelas cara agar bahagia yaitu dengan menjalani sesuatu yang sesuai dengan kehendak hati, menurutnya kehendak hati tidak pernah salah, dengan menjalankan apa yang sesuai dengan kehendak hati otomatis juga akan lebih bahagia dan ikhlas menjalaninya, dan akan terlihat auranya pada kulit.


Pengalaman Ririe Prams ini, mengajarkan bahwa ketika kamu merasa down akan suatu hal kamu harus terus bangkit, walaupun terus menerus mendapatkan hal-hal yang membuat kamu down. Rasa percaya diri juga harus dibangun sejak dini, agar nantinya rasa percaya diri akan terus mendalam dan kokoh, tidak lagi mudah jatuh akan hal-hal yang pernah dialami sebelumnya seperti tidak lagi tergoda dengan menggunakan produk yang memutihkan kulit. Ririe Prams saja sudah bisa melewati masa sulit dan lebih percaya diri dengan warna kulit, kamu juga harus bisa ya Beauty Peeps!

9 views0 comments

Comentários


bottom of page