top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemilik Kulit Berwarna Gelap


illustration by wowkeren.com

Munculnya era perkembangan zaman yang semakin modern ini membuat dunia per-make up an menjadi-jadi, dimulai dari bermunculnya warna baru pada beberapa foundation yang membuat kaum perempuan menjadi bingung saat memilihnya. Pasalnya selain bingung saat pemilihan foundation kaum wanita juga kerap merasa takut mengenai apakan formula foundation itu akan menimbulkan efek samping pada mereka.


Selain hadir dalam beberapa jenis warna, mulai dari yang paling terang sampai yang paling gelap jelas saja hal ini juga sebagai pertimbangan mereka mengenai cocok atau tidak cocoknya foundation itu bagi kita dan hal ini lah yang membuat kita memiliki risiko yang tinggi terhadap foundation yang sudah kita beli, seperti kulit menjadi kusam karena kesalahan memilih warna, dehidrasi karena menggunakan secara terus menerus, berjerawat, pori-pori yang tersumbat dan adanya kerusakan akibat paparan sinar matahari


Maka dari itu apapun jenis dan warna kulitnya, wanita harus senantiasa lebih menjaga kulit mereka dengan skincare agar kulit lebih sehat dan terawat. Secara garis besar ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kulit kita, salah memilih produk kecantikan juga dapat membuat kulit kita menjadi rusak, apalagi si pemilik kulit sensitive hal inilah yang kerap ditakutkan karena jika mereka salah memilih skincare hal itu justru malah membuat kulit mereka menjadi rusak.


Hal yang harus diperhatikan dalam membeli skincare yaitu melihat apakah skin care tersebut sudah cocok belum dengan jenis kulit mereka, jika sudah maka belilah sesuai kebutuhan, jika sudah cocok jangan terlalu sering mengganti skincare karena hal itu dapat menyebabkan efek samping yaitu alergi pada wajah seperti halnya manusia yang baru pindah kerumah baru, maka mereka sedang melakukan adaptasi, namun jika sang pemilik rumah selalu berganti-ganti maka orang itu akan sulit untuk beradaptasi sama halnya dengan kulit, mereka juga membutuhkan adaptasi agar stay kepada jenis skincare yang telah di gunakan saat ini dan terakhir berilah perlindungan bagi kulit dengan menggunakan sunscreen agar kulit tetap terjaga dari panasnya sinar matahari yang menyengat.


Sang pemilik kulit gelap saat ini jangan sungkan untuk bertanya mengenai beberapa hal mengenai jenis kulit mereka, karena saat ini banyak sekali media baik online maupun langsung yang memberikan treatment atau tips yang baik untuk menjaga kulit mereka. Meskipun pada dasarnya semua jenis kulit baik dari warna serta jenisnya mereka juga butuh untuk dirawat Seperti halnya tip-tip yang sudah diberikan dari Beauty Journal By Sociolla yaitu

  1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari – Paparan matahari merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pembentukan melanin meningkat. Akibatnya, hiperpigmentasi yang terjadi akan semakin parah dan sulit ditangani. Maka itu, selalu lindungi kulit menggunakan sunscreen yaa. Jangan lupa juga untuk melakukan retouch!

  2. Mulai Gunakan Produk Anti-Aging Sejak Dini – Kulit berwarna gelap memang menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih lambat jika dibandingkan kulit terang. Namun, bukan berarti proses penuaan tersebut tidak terjadi. Gunakan produk anti-aging sejak dini untuk mencegah penuaan dini pada kulit di waktu yang akan mendatang.

  3. Tangani Iritasi Kulit dengan Cepat – Iritasi kulit merupakan salah satu penyebab terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. Maka itu, segera tangani iritasi yang terjadi agar tidak meninggalkan bekas yang parah.

  4. Berhati-hati dalam Melakukan Perawatan – Baik itu perawatan dokter atau terapis, pastikan klinik tempat Anda melakukan perawatan benar-benar memahami cara menangani kulit berwarna gelap. Karena, ada beberapa jenis perawatan yang kurang cocok dilakukan di kulit berwarna gelap. Misalnya, adalah perawatan laser yang berisiko menyebabkan post-inflammatory hyperpigmentation pada kulit berwarna gelap.


7 views0 comments

Comments


bottom of page