top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Hal Yang Pasti Pernah Dialamin Kamu Yang Punya Kulit Hitam


Pictures by Pinterest.dk

Seperti yang telah kita ketahui, kebanyakan perempuan di Asia Tenggara memiliki warna kulit yang gelap, mulai dari sawo matang hingga tan atau hitam. Indonesia tidak terlepas akan hal itu, hal ini juga tidak terlepas karena Indonesia merupakan Negara tropis hal itu menyebabkan banyak perempuan di Indonesia memiliki kulit yang gelap. Orang – orang dengan kulit gelap memang memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih sehat. Kamu yang berkulit gelap memiliki kandungan melanin yang lebih banyak yang dapat membantu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari dan juga efek negatif sinar UV seperti sunburn, kanker kulit, dll.


Namun sangat disayangkan di Indonesia sendiri, banyak orang – orang yang memiliki kulit gelap selalu mendapatkan ejekan atau tidak mendapatkan hak yang setara. Banyak orang terutama perempuan yang berusaha memiliki kulit yang putih supaya bisa diterima dalam kalangan masyarakat, hal ini tidak terlepas dari pengaruh sosial dan juga media. Dilansir dari hipwee.com ini dia beberapa hal yang sering dialami oleh si pemilik kulit gelap.

1. Sering dikira belum mandi


Pictures by IDN Times

“Kamu udah mandi belum sih? Kok sama aja?” atau “Mandi dulu sana, biar gak dekil.” Pertanyaan – pertanyaan tersebut pasti pernah dilontarkan kekamu yang memiliki kulit gelap, walaupun sudah mandi orang lain sering kali menyangka kamu belum mandi.

2. Dianggap tidak bisa merawat diri


Pictures by IDN Times

Karena kulitmu yang gelap, orang disekitarmu menganggap kamu tidak perduli pada dirimu sendiri dan tidak mau merawat diri kamu, padahal kalau memang pigmen kulit kamu lebih gelap mau pakai krim pemutih sebanyak apapun tidak akan banyak berpengaruh. Maka dari itu mulai sekarang daripada sibuk berusaha memutihkan kulit, akan lebih baik jika kamu mensyukuri warna kulit kamu, karena ternyata memiliki kulit hitam lebih sehat daripada kulit lainnya. Kamu juga gak perlu minder karena dianggap tidak cantik memiliki kulit gelap, anggapan “cantik kalau punya kulit putih” itu hanya standar kecantikan yang dikonstruksi oleh media, kamu yang punya kulit hitam juga cantik kok.

3. Dibilang sering panas – panasan


Pictures by IDN Times

“Pas kecil sering main layangan ya? Makanya kulitnya hitam.”, “Jangan sering panas – panasan, ntar kulit kamu makin item loh”. Banyak orang yang menyangka kulit kamu hitam karena sering panas – panasan. Orang disekitar kamu biasanya suka sok tau tentang kulit kamu, maka dari itu sebaiknya komentar mereka gak usah kamu fikirin.

4. “Adiknya putih kok kakaknya item?”


Pictures by Republika

Pertanyaan ini sering kali dilontarkan ketika kamu sedang menghadiri acara keluarga, kamu yang memiliki warna kulit yang lebih gelap dari saudara kamu pasti sering dibanding – bandingkan dengan saudara kamu. “Kok adiknya putih tapi kakaknya item?” biasanya pertanyaan tersebut disambut dengan gelak tawa keluarga lainnya, walaupun terkesan bercanda tetap saja hal tersebut menyinggung perasaan kamu.

5. Minder ketika memiliki pasangan yang kulitnya lebih putih


Pictures by Brightside.me

Istilah “kopi susu” pasti banyak digunakan oleh orang – orang untuk mengomentari perbedaan warna kulit antara kamu dan pasanganmu, karena komentar tersebut kamu sering kali merasa minder atau bahkan merasa tak pantas berada di sisi pasangan kamu. Hal penting yang harus di ingat, hubungan yang kamu jalanin itu berdua antara kamu dengan pasanganmu, bukan kamu dengan komentar orang lain, jadi selama pasangan kamu bisa nerima kamu apa adanya, kamu gak perlu repot – repot memikirkan kata orang lain.

6. “Nanti kalau cari pasangan yang kulitnya putih ya, biar anaknya gak hitam.”


Pictures by pinterest.dk

Giliran kamu punya pasangan yang kulitnya lebih putih mereka bilang kalian “kopi susu” tapi disatu sisi kamu disuruh mencari pasangan yang berkulit putih biar nanti anak kamu kulitnya gak hitam. Jadi maksudnya apa nih?? Ini merupakan suatu bukti bahwa kamu gak perlu ikutin apa kata orang, karena komentar mereka memang gak aka nada habisnya, lebih baik kamu fokus sama hubungan kamu dan pasangan kamu.

Nah beauty peeps, itu dia sebagian kecil hal – hal yang pasti pernah dialami sama kamu yang punya kulit hitam. Pada intinya, kamu harus bangga sama warna kulit kamu karena sesungguhnya cantik itu tidak harus dengan memiliki kulit putih. Sadar atau tidak, hal – hal diatas merupakan tindakan colorism secara verbal loh, jadi lain kali kalau kamu mengalami atau melihat orang lain menjadi korban colorism kamu jangan ragu untuk menegur si pelaku, baik itu orang yang tidak kita kenal atau bahkan orang terdekat kita, karena hal ini merupakan hal yang salah, tidak perduli siapapun yang melakukannya kamu harus berani menegur orang itu supaya tidak ada lagi tindakan colorism, so we can live in a better society. #StopColorism #ShowUsYourColors

2 views0 comments

Comments


bottom of page