top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Imperfect, Film Indonesia Yang Sukses Membahas Standar Kecantikan


Pictures by pinterest.dk

Film kelima karya sutradara Ernest Prakasa ini berhasil menarik perhatian banyak masyarakat, bahkan dalam penayangannya berhasil meraih 2,5 Juta penonton, pasalnya film tersebut membahas mengenai standar kecantikan dan beauty privilege. Terlebih lagi hadirnya aktris Jessica Mila sebagai tokoh utamanya juga menarik banyak perhatian masyarakat, pasalnya Jessica Mila yang biasanya tampil dengan kulit yang putih serta badan yang langsing kini dalam film tersebut dirinya berubah drastis ketika memerakan tokoh Rara.


Rara digambarkan sebagai seseorang yang memiliki kulit cokelat, tubuh gemuk dan rambutnya yang bergelombang, hal ini membuat tokoh Rara tidak pernah di lirik oleh orang lain. Sudah jatuh tertimpa tangga pula, sepertinya hal tersebut sesuai untuk menggambarkan kondisi Rara, pasalnya ia memiliki saudari yang terlihat jauh berbeda dengannya, saudarinya memiliki kulit yang putih dan badan yang langsing, hal tersebut membuat Rara sering disbanding – bandingkan dengan saudarinya.


Film ini dikemas dengan sangat menarik dan kita sebagai wanita pasti bisa merasakan apa yang ada dalam film tersebut, dalam film ini terbukti bagaimana sulitnya wanita menghadapi standar kecantikan yang ada. Selama film tersebut banyak sekali adegan dan dialog yang menghakimi bentuk tubuh Rara.


Rara juga tidak bisa mendapatkan hal yang dinginkannya karena tampilannya yang tidak disukai dan tidak sesuai dengan standar kecantikan yang ada. Sampai suatu saat kondisi berubah dimana Rara ditempatkan pada posisi yang mengharuskan dirinya untuk mengubah penampilannya. Namun, ketika Rara berhasil mengubah penampilannya dan mendapatkan apa yang ia mau, semuanya mulai berubah ia kehilangan semua hal yang dulu ia miliki.


Pictures by hipwee.com

Para perempuan pasti bisa relate dengan permasalahan yang ada pada film ini, bagaimana tampilan fisik menjadi hal yang terpenting untuk perempuan. Pintar saja tidak cukup, perempuan juga selalu dituntut harus cantik. Hal ini tergambar ketika Rara yang cerdas dipaksa untuk memiliki tampilan yang menarik.


Namun terdapat satu poin yang harus diperhatikan, dimana ketika Rara sudah tampil cantik dan mendapatkan apa yang dia inginkan tidak serta membuat Rara bahagia. Hal tersebut harus kita perhatikan karena bukan berarti ketika kita menjadi cantik kita akan mendapatkan kebahagiaan yang selama ini kita cari. Cantik itu bukan segalanya.

4 views0 comments

Comments


bottom of page