top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Insecure karena warna kulit terlalu gelap atau terlalu terang dan pucat?


picture by pinterest.dk

Hai beauty people! Sering kali orang terutama perempuan merasa insecure dengan warna kuit yang mereka miliki. Apa itu insecure? Mengutip dari sehatq.com, insecure merupakan perasaan tidak aman, dengan kata lain seseorang akan merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara. Sebagai contoh yang sering di alami, orang-orang yang merasa kulitya gelap, mereka akan mencoba dan melakukan berbagai cara untuk membuat kulit mereka lebih cerah. Begitu pula dengan yang memiliki kulit terlalu terang dan pucat, mereka akan melakukan hal seperti berjemur dibawah sinar matahari yang sehat untuk mendapat kulit yang sedikit lebih gelap. Karena bagi sebagian orang warna kulit yang sempurna merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan, padahal menjadi diri sendiri dengan warna kulit yang dimiliki merupakan sebuah bentuk kepercayaan diri loh. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi insecure? Dilansir dari halodoc.com, cara mengatasi insecure yaitu:

  1. Tidak perlu meningkakan rasa kepercayaan diri dari dengan ucapan kosong

  2. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

  3. Temukan kelebihan diri

  4. Fokuslah untuk menjadi diri sendiri

  5. Ingatlah hal-hal baik yang sudah dilakukan

Tidak perlu percaya diri mendengarkan ucapan kosong. Maksudnya adalah ketika kamu memiliki warna kulit yang terlalu terang dan pucat, orang lain berkata padammu bahwa akan lebih cantik ketika memiliki kulit dengan warna yang lebih baik dengan berjemur dibawah matahari sehat, kamu tidak perlu mendengarkan hal tersebut, karena kamu harus tumbuhkan rasa percaya diri karena apa yang ada pada dirimu sekarang, berpikir bahwa kamu adalah orang yang cantik tanpa harus melakukan opini dari orang lain.

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Karena semakin kamu membandingkan diri, semakin dalam rasa ketidakpuasan yang kamu rasakan. Namun sudah sewajaranya ketika kamu merasa termotivasi dengan orang lain, ketika kamu melihat orang yang cantik dengan kulitnya yang putih, cerah, dan sehat, tentu kamu akan termotivasi untuk merawat kulitmu dengan sehat, namun tidak dengan menjadi minder karena tidak merasa lebih dari orang yang kamu bandingkan.


Temukan kelebihan diri, kamu tentu memiliki ciri khas, keunikan dalam dirimu. Contohnya ketika kamu memiliki kulit yang cenderung atau bahkan gelap, percayalah bahwa kamu tetap spesial dengan warna kulitmu. Karena standar kecantikan tidak berdasarkan warna kulit, kamu harus bangga dengan warna kulitmu, yang cantik karena natural tidak dibuat-buat.

Fokus menjadi diri sendiri. Ketika sudah mencapai tahap ini, kamu akan lebih fokus terhadap diri sendiri. Mengapa? Karena kamu sudah mendapatkan rasa percaya diri, sudah tidak membandingkan diri dengan orang lain, dan menemukan kelebihan pada dirimu.

8 views0 comments

Comentários


bottom of page