top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Jadi Sosok Panutan, Ini Dia Tokoh Perempuan Kulit Hitam Paling Berpengaruh


Pictures by pinterest.dk

Sepanjang sejarah, banyak sekali tokoh – tokoh yang berpengaruh dalam berbagai aspek. Namun tak jarang kebanyakan dari tokoh tersebut adalah orang – orang kulit putih. Padahal banyak sekali orang berkulit hitam yang dapat menginspirasi, namun dulu karya – karya mereka jarang dilirik oleh orang banyak, bahkan orang – orang berkulit hitam sering kali mendapatkan diskriminasi. Namun, pada tahun 2017 lalu, Inggris merayakan Black History Month acara tersebut dilakukan untuk mengapresiasi berbagai karya, prestasi, serta kontribusi orang – orang berkulit hitam di Inggris, siapa aja sih? Yuk simak berikut ini

1. Joan Armatrading

Pictures by pinterest.dk

Joan Armatrading adalah seorang penyanyi blues pertama yang dinominasikan pada grammy awards dalam kategori musik blues. Pada tahun 2007 Joan menjadi penyanyi perempuan berkulit hitam pertama yang lagunya meraih urutan pertama pada charts Billoards. Joan yang berasal dari kepulauan Karibia pindah ke Inggris ketika dirinya berusia 7 tahun. Ia mulai serius menggeluti musik ketika ia berusia 14 tahun, saat itu ia mulai belajar bermain gitar dan menulis lagu.

2. Zadie Smith


Pictures by pinterest.dk

Zadie Smith merupakan sosok penulis terkenal asal Inggris, karyanya yang ditulis kedalam buku merupakan kisah nyata, dimana ia menceritakan pengalamannya mengenai permasalahan ras yang dialaminya. Selain penulis Zadie juga aktif mengajar di New York University.

3. Shirley Thompson

Pictures by pinterest.dk

Shirley Thompson merupakan seorang konduktor yang mana karyanya sering kali memeriahkan acara – acara besar seperti Golden Jubile atau perayaan tahta ratu, pada tahun 2002 lalu. Selain itu pada tahun 2004 Shirley menjadi perempuan kulit hitam pertama di Eropa yang menjadi konduktor setelah 40 tahun lamanya. Pada tahun 2017 lalu Shirley di nobatkan sebagai salah satu perempuan berkulit hitam yang paling menginspirasi di Inggris.

Itu dia beberapa perempuan kulit hitam asal igngris yang banyak menginspirasi banyak orang lewat karya mereka, hal ini membuktikan bahwa diskriminasi akan warna kulit sudah seharusnya dihilangkan, karena semua orang memiliki kesempatan yang sama.

3 views0 comments

Comentarios


bottom of page