top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Kalau Kamu Putih, Kamu Cantik


picture by medium

“Ah kamu sih enak, punya kulit putih bersih”, “Kapan ya aku bisa seputih kamu”. Mungkin kamu sering sekali mengucapkan kalimat seperti yang kamu baca barusan, pertanyaannya adalah apakah definisi cantik itu merupakan suatu hal yang mutlak? Bahwa kamu akan dianggap cantik kalau kamu memiliki kulit yang putih? Tentunya pandangan ini masih banyak sekali di percayai oleh banyak wanita di Indonesia, mereka yang memiliki warna kulit gelap akan berusaha untuk melakukan berbagai macam perawatan yang akan membuat kulitnya terlihat lebih cerah.


Hal ini tentunya sangat di sayangkan mengingat Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, hal tersebut seharusnya menjadikan definisi cantik itu tak terbatasi dengan kulit putih, nilai kecantikan bisa didefinisikan dengan banyak hal, hal ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya seseorang. Namun, iklan yang ditampilkan oleh media seakan – akan mempersempit definisi cantik dengan sebatas memiliki kulit putih, tubuh yang langsing dan rambut panjang.


Hal ini tidak terlepas dari pengaruh media, setiap harinya wanita di Indonesia disuguhkan dengan iklan – iklan produk kecantikan yang menampilkan model – model dengan kulit putih dengan iming – iming “kulit kamu akan terlihat lebih cerah setelah menggunakan produk kami”. Memang apa salahnya dengan kulit gelap? Mayoritas orang Indonesia terlahir dengan warna kulit yang kecokelatan, kebanyakan dari kita memiliki kulit sawo matang.



picture by Study Breaks

Kamu tak perlu punya kulit putih untuk dianggap cantik, banyak aspek lain yang bisa kamu jadikan acuan untuk menjadi cantik. Melansir dari kumparan.com, penelitian yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index mengenai definisi cantik menurut wanita di Indonesia menunjukkan bahwa cantik adalah ketika kamu memiliki tubuh yang sehat sebsar 40,9% kamu akan cantik ketika kamu bahagia, sebesar 27,6%, kamu akan terlihat cantik ketika kamu berfikiran positif sebesar 23,6% dan yang terakhir adalah, kamu akan di anggap cantik dilihat dari keseluruhan tubuh sebesar 21,1%


Dari hasil survey tersebut menunjukkan bahwa masih banyak wanita Indonesia yang menganggap bahwa definisi cantik itu tidak hanya dilihat dari warna kulit yang mereka miliki, namun bisa dari berbagai aspek lainnya yang ada pada diri kamu. Kamu akan terlihat cantik apa bila kamu memiliki pemikiran yang sehat dan positif tentang dirimu, tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu cantik apa bila kamu bisa menerima kekurangan yang ada pada dirimu, because the true beauty is within you #ShowUsYourColors

12 views0 comments

Commentaires


bottom of page