top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Mesin Sabun Otomatis Hanya Bisa Digunakan Oleh Kulit Putih, Apakah Ini Rasis?


picture from liputan6.com

Perkembangan zaman sudah mulai terasa di era ini, munculnya benda-benda yang unik dan dapat membantu pekerjaan manusia tentu saja sudah banyak merebak, salah satunya adalah mesim sabun otomatis ini. Namun sangat disayangkan dalam penggunaanya, karena mesin sabun otomatis ini hanya mau digunakan oleh kulit putih saja dan tidak mau digunakan oleh kulit hitam.


picture from Coe.int

Kejadian ini berawal dari seorang laki-laki berkulit hitam bernama Chukwuemeka Afigbo, laki-laki asal Nigeria ini dikejutkan dengan adanya diskriminasi pada sebuah mesin otomatis sabun. Sebab mesin otomatis ini tidak mau keluar jika dia yang memakainya, mengingat dia memiliki kulit hitam, sedangkan jika digunakan oleh kulit putih mesin ini barulah bekerja.


Hal inilah yang menyebabkan dia menjadi merasa terdiskriminasi, mengingat isu colorism dan warna kulit sedang hangat-hanganya diperbincangkan di zaman ini. Sebenarnya masalah ini bisa saja dapat terselesaikan dengan mudah hanya dengan memberikan informasi pada mesin itu maka semua clear, namun apa daya tidak ada informasi tambahan dan hal inilah yang membuat masyarakat yang memiliki kulit hitam merasa terdiskriminasi.


picture from Pike.k12.in.us

Pentingnya sebuah keberagaman di zaman ini, mengingat isu ini selalu saja muncul baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka seharusnya tidak perlu menanamkan sifat rasisme kepada masyarakat, mengingat kita hidup secara bersama-sama. Dengan adanya keberagaman maka masyarakat tidak perlu lagi menjadi salah paham mengenai hal ini dan tentu saja harus dilakukan dari hati bukan karena ikut-ikutan orang lain.

3 views0 comments

Comentários


bottom of page