top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Naomi Champbell, Model Kulit Hitam Yang Sukses Dalam Dunia Fashion


Pictures by pinterest.dk

Naomi Champbell merupakan model kulit hitam kelahiran Streatham, South London. Model yang pada tahun ini genap berusia 50 mengawali kariernya sebagai model ketika ia sebagai remaja, kala itu Naomi masih berusia 16 tahun ketika pertama kali mengisi cover majalah TAXI, namun sebelumnya pada usia 14 tahun Naomi mulai belajar modelling melalui agensi Elite Model Look.


Namun, ternyata sebelum terjun kedunia modelling Naomi juga pernah menjadi model video clip Bob Marley Is This Love, pada tahun 1978 silam, ini artinya kala itu Naomi masih berusia 8 tahun.


Selama menekuni dunia modelling, sudah banyak sekali prestasi dan sejarah yang Naomi cetak, salah satunya yakni ketika tahun 1998 Naomi mencetak sejarah dengan menjadi model kulit hitam pertama yang menjadi cover majalah Vogue Paris, lalu pada tahun 1999 Naomi juga berhasil menjadi model kulit hitam pertama untuk edisi special Vogue Amerika, The September Issue.

Picutres by brilio.com

Selain menekuni karier di bidang fashion, Naomi juga sempat menjadi model video klip untuk beberapa artis terkenal diantaranya adalah Duran Duran, Girl Panic! Dan yang paling terkenal adalah ketika ia menjadi model video klip untuk penyanyi legendaries Michael Jackson dengan lagu yang berjudul In The Closet pada tahun 1991


Prestasi Naomi tak hanya berhenti sampai situ, dilansir dari kompas.com, belum lama ini dirinya mendapatkan penghargaan tertinggi dalam dunia modelling, Naomi dinobatkan sebagai Fashion Icon Award dari Council of Fashion Designer of America atau CFDA. “Tentunya ini sebuah kehormatan untukku diakui oleh CFDA. Aku berasal dari London, jadi gaya ku selalu dipengaruhi oleh budaya jalanan dan music dinamis yang selalu berubah.” Ujarnya.


Melalui prestasi yang didapatkanya, Naomi berhasil mempertahankan eksistensinya di dunia fashion selama berpuluh – puluh tahun lamanya. Selain aktif dalam dunia modeling, Naomi juga aktif dalam berbagai isu social, terutama isu rasisme, ia juga mendirikan Diversity Coalition bersama top model lainnya yakni Iman dan Bethann Hardison, koalisi tersebut aktif dalam membicarakan persamaan hak antara model kulit putih dan hitam, hal ini ia lakukan mengingat dirinya merupakan model berkulit hitam yang sering mendapatkan diskriminasi

5 views0 comments

Comments


bottom of page