top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Nyakim Getwach, Model Asal Sudan Yang Sukses Dengan Kulit Gelapnya


Picture by pinterest.dk

Sering kali kita melihat model yang terpampang di majalah atau media adalah perempuan dengan kulit putih, namun ternyata perempuan dengan kulit hitam juga dapat menjadi model sukses loh. Nyakim Getwach merupakan model asal Sudan Selatan yang memiliki kulit gelap, bahkan baru – baru ini Nyakim dinobatkan sebagai manusia dengan kulit paling gelap sedunia oleh Guinness Book of Records.


Namun, dalam perjalanan untuk meraih mimpinya sebagai model, Nyakim tidak melewati jalan yang mudah. Tumbuh besar dengan kulit gelap Nyakim sering kali mendapatkan tekanan karena warna kulitnya yang sangat gelap dibandingkan dengan orang – orang disekitarnya, hal tersebut membuatnya ragu dan tidak percaya diri. Terlebih lagi ia kesulitan untuk menemukan shades foundation yang sesuai untuk warna kulitnya, ketika ingin melakukan photoshoot, tak jarang Nyakim diminta untuk membawa foundationnya sendiri.


Dilansir dari As/Is Nyakim menceritakan bahwa tekanan tidak hanya datang dari orang – orang disekitarnya, bahkan orang yang tidak ia kenal pun melakukan hal tersebut. Ketika dirinya memesan uber, sang driver menanyakan jika dirinya memberikan Nyakim sejumlah uang apakah Nyakim mau untuk merubah warna kulitnya atau melakukan skin color bleaching, lalu Nyakim bertanya “kenapa aku harus melakukan hal seperti itu?”, lalu sang uber driver menjawab “supaya kamu tidak terlihat dekil, dan supaya laki – laki bisa menyukai kamu, Bukankah sulit hidup dengan warna kulit segalap kamu?” Saat itu Nyakim hanya tertawa dan bilang bahwa dia cantik apa adanya, apapun warna kulitnya ia tidak akan merubahnya, jika memiliki kulit putih akan membuat hidupnya lebih mudah, tak apa dia lebih memilih untuk melewati jalan yang sulit daripada harus merubah warna kulitnya.


Picture by pinterest.dk

Berkat kerja keras dan rasa percaya dirinya, Nyakim kini berhasil menjadi model yang sukses di Amerika Serikat, selama kariernya menjadi model Nyakim sudah pernah bekerja sama dengan brand terkenal seperti L’Oreal, Fashion Nova, bahkan New York Fashion Week. Namun, walaupun sudah menjadi model yang sukses, tak jarang Nyakim masih menerima hujatan dari berbagai pihak karena warna kulitnya. Namun, bagi Nyakim yang terpenting adalah bagaimana ia percaya pada dirinya sendiri, menurutnya warna kulitnya bukan suatu kekurangan namun kelebihan, “Kulit gelapku sangat elegan. Inilah yang menjadikanku seperti sekarang ini dan aku bangga. Kulit gelap itu cantik, black is bold, black is gold.” Ujar Nyakim.


Nyakim merupakan sosok yang inspiratif, dirinya juga bergabung dalam berbagai kegiatan advokasi yang menyuarakan hak – hak untuk perempuan berkulit gelap. Selain itu Nyakim juga bercita – cita untuk membuat produk make up dengan shades gelap supaya dirinya dan perempuan lain yang memiliki warna kulit gelap tidak perlu kesulitan untuk mencari make up dengan shades yang sesuai dengan warna kulit gelap.

2 views0 comments

Comments


bottom of page