top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Penjelasan Secara Psikologi Mengapa Perempuan Ingin “Mengejar” Kecantikan


Pictures by Liputan6.com

Menjadi cantik merupakan salah satu idaman bagi banyak perempuan, lalu apasih definisi cantik itu sendiri? Secara sederhana cantik bisa diartikan sebagai sesuatu yang menyenangkan secara estetika. Banyak sekali perempuan yang berusaha untuk menjadi cantik, arti kata cantik sendiri memiliki definisi yang berbeda – beda tergantung dari budaya serta tempat seseorang tinggal.


Seseorang biasanya akan berusaha untuk mengikuti definisi cantik sesuai dengan kepercayaannya, misalkan di Asia kebanyakan perempuan akan dianggap cantik jika memiliki kulit putih serta badan yang langsung, lain lagi di Brazil, perempuan akan dianggap cantik apabila memiliki kulit yang kecokelatan dengan badan yang berisi. Perlu digaris bawahi bahwa definsi cantik tidak bisa hanya dilihat melalui tampilan fisik saja, melainkan dapat dilihat melalui berbagai aspek yang ada pada diri kita.


Dilansir dari m.medcom.id, seorang psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie menjelaskan mengapa banyak perempuan yang sangat ingin tampil maksimal dan mengikuti definisi cantik yang ia pahami. Menurutnya jika dilihat dalam perspektif gender stereotype, sifat yang lekat pada wanita adalah cantik dan anggun.


Sifat yang anggun dan cantik ini sudah terbentuk selama ribuan tahun lamanya sehingga dapat membentuk kepercayaan pada kaum perempuan, hal ini membuat banyak perempuan ingin tampil cantik. Selain itu, ketika kita mendapatkan komentar mengenai seberapa cantiknya kita biasanya hal tersebut dapat membentuk self confident pada diri kita, ternyata penilaian dari orang lain mengenai diri kita juga termasuk kedalam belief kecantikan yang kita pahami.


Efnie juga mendambahkan bahwa jika belief mengenai definisi cantik sudah masuk kedalam sesuatu yang sudah kita percayai maka hal ini menyebabkan dorongan pada alam bawah sadar kita dan menggerakan diri kita untuk berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi cantik.


Hal penting yang perlu diketahui bahwa definsi cantik tidak hanya diliat dari fisik saja. Juliana Md. H NH dari House of Skinovation menyebutkan bahwa banyak hal yang harus dikaji jika membicarakan soal definisi cantik. Sederhanannya cantik itu percaya diri dan kita harus mampu membawa diri kita terlihat cantik lewat keunikan yang ada pada diri kita. Juliana mengaku pernah bertemu dengan seseorang yang secara fisik cantik, namun tidak menyenangkan karena inner qualitynya tidak sesuai dengan tampilan luarnya, maka dari itu cantik tidak bisa dilihat hanya dari satu unsur saja, melainkan dilihat dari penggabungan antara kepercayaan diri, inner quality yang mencakup strength, physically, sensuality, figure, facial features, spirit, dan yang terakhir personality.

10 views0 comments

Commenti


bottom of page