top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Perempuan Berkulit Gelap Menangkan Kontes Kecatikan 2019: Terbukti Cantik Tidak Harus Putih

Kontes kecantikan yang jarang sekali dimenangkan oleh perempuan berkulit gelap, namun beberapa tahun belakangan ini sudah tidak lagi. Banyaknya perempuan yang berkulit gelap membangun kepercayaan diri perempuan lainnya karena memenangkan beberapa kontes kecantikan ini. Berikut list perempuan pemenang kontes kecantikan 2019 tersebut:


Picture by Pinterest

1. Zozibini Tunzi (Miss Universe 2019)

Zozibini Tunzi, yang berupakan Miss Afrika Selatan ini menjadi pemenang Miss Universe pada tahun 2019. Tunzi yang mengalahkan 90 kontestan lainnya ini menarik perhatian dunia, karena model asal Tsolo ini sempat menyuarakan ajakan untuk mengubah stereotip mengenai warna kulit dan mendukung perempuan muda. Mengutip dari NDTV Tunzi mengungkapkan “Saya besar dalam dunia yang menganggap perempuan-perempuan dengan penampilan, kulit, serta rambut seperti saya sebagai tidak cantik. Saya rasa, hari ini adalah waktunya untuk menghentikan pandangan seperti itu”, juga ditambahnya “Saya ingin agar anakanak memandang dan melihat wajah saya, lalu melihat bahwa wajah mereka tercermin dalam wajah saya”.


Picture by Pinterest

2. Toni-Ann Singh (Miss World 2019)

Miss World yang merupakan ajang kecantikan asal Inggris, menobatkan pemenang baru yaitu Toni-Ann Singh, Miss Jamaica World 2019. Ungkapan terima kasih atas pencapaiannya diungkapkan dalam akun Instaram pribadinya, “Ketahuilah bahwa kalian pantas dan mampu meraih impian kalian. Mahkota ini bukanlah milik saya, tapi milik kalian semua, agar kalian benar-benar memahami bahwa terlepas dari tempat asal kalian dan apapun yang kalian hadapi dalam hidup-impian kalian valid. Kalian punya tujuan dalam hidup”.


Picture by Pinterest

3. Nia Franklin (Miss America 2019)

Miss America terlebih dahulu menarik perhatian atas pemenangnya sebelum Miss Universe. Nia Franklin mewakili New York dalam kompetisi Miss America 2019. Ia mengutarakan kesulitan yang ia adalmi semasa sekolah, “Saya besar di sekolah yang mayoritas Caucasian (ras kulit putih) dan hanya ada lima persen minoritas di sekolah tersebut. Saya merasa sangat tidak pas berada di tempat itu karena warna kulit saya” ungkapnya mengutip dari CNN.


Picture by Pinterest

4. Cheslie Kryst (Miss USA 2019)

Perempuan keturunan Africa-Amerika ini mengungkapkan diskriminasi yang dialami semasa kompetisi Miss USA. Melansir dari CBS News, Cheslie bercerita bahwa ia pernah disuruh menggunakan rok dalam suatu kompetisi hukum, hanya karena para juri lebih menyukai rok daripada celana, “Itu adalah hal yang benar-benar mengesalkan. Jangan menyuruh perempuan untuk mengganti pakaian mereka, sementara anda memberikan umpan balik yang substansial kepada para pria soal argumen hukum mereka”.


Picture by Elle.com

5. Kaliegh Garris (Miss Teen USA)

Melansir dari Elle, ini merupakan pertama kalinya dalam 20 tahun sejak Miss Teen USA memberikan kemenangan kepada kontestan dengan rambut ikal yang natural-ciri khas perempuan kulit hitam. Walau ada orang-ornag yang mengatakan ia lebih cantik dengan rambut yang sudah diluruskan, ia tetap lebih menyukai tampilan rambut aslinya. Mengutip dari Insider, “Terlepas dari apapun yang dikatakan orang lain, itu tidak akan membuat saya mengubah diri atau membuat saya merasa buruk karena menampakkan rambut asli saya, karena itulah yang menjadikan saya merasa cantik”.

5 views0 comments

Comments


bottom of page