top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Rawat Kulitmu dengan Makan Makanan yang Sehat ya!


Picture by Pinterest.dk

Memerhatikan kesehatan kulit tidak hanya dari luar menggunakan skin care, melainkan juga nutrisi yang didapat dari dlama tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat, yang kaya akan manfaat. Menjaga kesehatan kulit tentu dari luar dan dalam, oleh karena itu disarankan agar kamu mengonsumsi makanan yang sehat ya. Menurut hellosehat.com, berikut daftar makanan sehat untuk kulit:


1. Stoberi

Berdasarkan penelitian The American Journal of Clinical Noutrition, makan makanan yang kaya dengan vitamin C seperti stoberi, dapat membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Vitamin C untuk melembabkan kkulti mungkin disebabkan oleh fungsinya untuk menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen, yang berfungsi menjaga elstisitas kulit.


2. Pepaya

Pepaya juga mengandung vitamin C, dimana penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat melindungi sel kulit dan memperbaiki DNA dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Makan sehat untuk kulit yang mengandung vitamin C selain stoberi dan papaya yaitu brokoli dan sayuran hijau lainnya.


3. Tomat

Tomat mengandung likopen, karotenoid yang melindungi kulimu dari radiasi dinar matahari. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang terkena paparan sinar UV diketahui beresiko lebih kecil mengalami iritasi kulit setelah mengonsumsi 2 ½ sendok makan pasta tomat atau meminum 350 ml jus wortel setiap hari, untuk tambahan dan makanan mereka sehari-hari delama 10-12 minggu.


4. Edamame

Edamame mengandung isoflavone, antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dari sinar UV penyebab penuaan dini. Isofalvone membantu meningkatkan produksi kolagen.


5. Kopi

Menurut sebuah penelitian oleh The European Journal of Cancer Prevention, satu cangkir kpo setiap hari mungkin dapat mengurangi resiko kanker kulit. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 93.000 wanita ini menunjukkan bahwa mereka yang meminum seglas kopi berkafein setiap hari terliha pengurangan resiko berkembangkan kanker kulit non-melanoma sebesar 10 persen.


6. Salmon

Menurut studi tahun 2009 The American Journal of Clinical Noutrition, kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA (docosahexaenoic dan eicosapentaenoic acids) yang ditemukan dalam ikan salmon apat melindungi sel dari keruskan radikal ebas yang disebabkan oleh sinar UV. Peneliti mengikuti kebiasaan makan dari seribu orang Australia dewasa selama kurag dari 5 tahun dan ditemukan mereka yang memakan lebih dari 5 ons ikan kaya omega-3 (seperti salmon) setiap minggunya dapat mengurangi hingga 30% resiko gejala kanker kulit.


7. Tuna

Selain salmon, tuna dan ikan yang mengandung omega-3 masuk kedalam makanan sehat yang bagus dikonsumsi untuk kulit. Kandungan omega-3 dalam tuna membantu menjaga kulit untuk terlihat awet muda dan mencegah kanker kulit. EPA (eicosapentaenoic) salah satu kandungan lemak dalam ikan yang mengandung omega-3, dibuktikan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein berserat yang menjaga kulit agar tetap halus. DHA (docosahexaenoic) pada omega-3 memiliki fungsi untuk mencegah kanker kulit dengan mengurangi peradangan yang disebabkan pertumbuhan tumor, ungkap Homer S. Black, Ph.D., professor emeritus departemen dermatologi Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat.

2 views0 comments

Коментарі


bottom of page