top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Standar Kecantikan Ini Rugikan Perempuan Berkulit Gelap


Pictures by HerStory

Taukah kamu? Bahwa sesungguhnya definisi cantik itu tidak hanya dilihat dari warna kulit atau tampilan fisik kamu. Juliana Me. H NH dari House of Skinovation menyebutkan bahwa banyak hal yang harus dikaji dalam membentuk definisi cantik, tidak hanya datang dari fisik namun juga inner quality yang mencakup strength, physically, sensuality, figure, facial features, spirit, dan yang terakhir personality

Namun sangat disayangkan banyak perempuan yang hanya berpaku pada standar kecantikan, masih banyak perempuan yang menganggap bahwa cantik itu dengan memiliki kulit putih, akibatnya perempaun yang memiliki kulit gelap sering kali menjadi korban diskriminasi serta colorism oleh lingkungan sekitar. Selain kulit putih, banyak juga perempuan yang mengikuti standar kecantikan Barat. Yuk simak beberapa standar kecantikan yang rugikan perempuan berkulit gelap!

1. Sangat ingin memiliki kulit putih seperti cewek Barat

Banyak perempuan yang terlena dengan warna kulit putih yang dimiliki perempuan Barat, mereka menganggap bahwa hal tersebut akan dianggap lebih cantik, padahal pada nyatanya banyak perempuan Barat berlomba – lomba untuk mendapatkan kulit gelap seperti yang kebanyakan dari kita miliki, mereka hingga rela melakukan berbagai cara seperti berjemur dibawah sinar matahari.

Ditambah lagi pengaruh media, akan lebih mudah bagi suatu produk untuk memasarkan produknya dengan menggunakan model berkulit putih. Selain iu dalam dunia modelint persentasi model yang memiliki kulit gelap juga cenderung lebih rendah.

2. Warna mata cerah dianggap lebih cantik

Banyak orang menganggap bahwa warna mata orang Barat yang cerah lebih menarik dibandingkan warna mata yang gelap. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang memilih untuk menggunakan contact lenses dengan warna cerah seperti biru atau hijau. Selain warna mata, bentuk mata juga sering kali dipermasalahkan, bentuk mata orang barat yang bulat dan memiliki kelopak mata lebih digemari dibandingkan mata yang sipit.

3. Produk kecantikan yang terbatas

Kamu yang memiliki kulit gelap mungkin tau betapa sulitnya untuk menemukan produk kecantikan yang sesuai dengan skin tone kamu, beberapa produk kecantikan masih lebih mengutamakan shades yang cerah dibandingkan yang gelap

3 views0 comments

Comments


bottom of page