top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Tahapan Skin Care untuk Menjaga Kesehatan Kulitmu


picture from pinterest.dk

Menggunakan skin care merupakan sebuah rutinitas untuk merawat wajah agar tetap terawat. Skin care juga memiliki banyak tahapan seperti menggunakan make up. Langkah untuk mengaplikasikan skin care juga harus sangat diperhatikan berdasarkan urutan, karena untuk meningkatkan efektifitas produk yang digunakan untuk memiliki hasil yang memuaskan.


Produk skin care dipilih juga harus sesuai kebutuhan kulit. Tidak semua tahapan skin care sama untuk semua jenis kulit. Juga penggunaan skin care pagi dan malam memiliki tahapan yang berbeda. Tahapan skin care pada malam hari lebih banyak dibanding pagi. Berikut tahapan skin care pagi dan malam hari, yang harus kamu tahu:


Tahapan skin care pagi hari

Saat pagi, perawatan akan berfokus pada produk yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dan polusi udara.


1. Sabun pembersih wajah

Tahapan pertama yaitu mencuci muka, untuk membersihkan sisa skin care yang telah digunakan saat malam hari, juga membersihkan minyak maupun kotoran yang menumpuk saat tidur semalaman.


2. Toner wajah

Selanjutnya menggunakan toner. Menggunakan toner setelah mencuci muka, adalah untuk membantu mengangkat sisa minyak maupun kotoran yang mungkin masih menempel sesudah mencuci muka. Toner yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis kulit, misal ketika kamu memiliki kulit yang berjerawat, gunakan tpner yang membantu mengempiskan jerawat, dan mencegah munculnya jerawat baru. Toner juga membantu mengembalikan pH kulitmu yang hilang setelah mencuci muka.


3. Essence

Mungkin masih banyak yang tertukar mengenai tahapan penggunaan essence dan serum. Melansir daari sehatq.com, essence dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, sehingga mencegah penuaan. Hal ini bakat kandungan asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C yang tinggi.


4. Serum wajah

Menurut sehatq.com, serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi sehingga dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.


5. Pelembab / moisturizer

Menggunakan pelembap bertujuan untuk melembabkan kulit serta menghaluskan kulit wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, gunakan pelembab bertekstur krim, sedangkan yang memiliki kulit normal dan kombinasi bisa gunakan krim yang lebih tebal jika memiliki kulit wajah berminyak pelembab bertekstur cair atau gel lebih cocok untuk digunakan.


6. Tabir surya / suncreen

Tabir surya menjadi urutan terakhir dalam tahapan menggunakan skin care. Karena untuk melindungi dari paparan sinar matahari, dank karena kita bertempat tinggal di negara tropis disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30.


Tahapan skin care malam hari

Setelah menjalani aktivitas yang padat sejak pagi hingga sore hari, wajah harus ditenankan dengan perawatan kulityang tepat. Beberapa produk yang digunakan sedikit berbeda dengan pagi hari.


1. Make up remover

Pertma yang digunakan yaitu make up remover, yang berfungsi untuk mebersihkan skin care, make up, dan kotoran yang menempel sepanjang hari. Hal ini juga guna mempertahankan kesehatan kulit dan dampak negative dari produk makeup maupun kotoran yang tersisa. Gunakan make up berbahan dasar minyak ntuk menghapus make up yang mengandung minyak. Namun jika kamu memiliki kulit yang berminyak, sebiaknya gunakan make up remover yang berbahan dasar air agar kulit wajahmu tidak Semakin berminyak.


2. Sabun pembersih wajah

Mencuci muka pada malam hari unutk memastikan tidak ada lagi sisa make up dan kotoran pada wajah. Gunakan sabun pembersih wajah sesuai jenis kulit wajah.


3. Ekfoliasi / scrub wajah

Perlu kamu pahami bahwa melakkan ekfoliasi wajah hanya boleh 1-2 kali dalam seminggu, tidak boleh setiap hari ya. Tahapan ini dilakukan untuk mengangkat sel kulti mati pada wajah.


4. Toner

Gunakan toner yang dapat melembapkan kulti sepanjang malam


5. Essence dan serum wajah

Setelah toner, kamu dapat menggunakan essence, lalu serum wajah yang berguna untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.


6. Krim mata / eye cream

Penggunaan eye cream sangat disarankan terutama yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di sekitar area mata.


7. Krim malam dan sleeping mask

Krim yang guna untuk melembabkan kulit, menyamarkan kerutan, maupun memudarkan noda pada wajah. Dan sleeping mask yang besifat opsional, tetapi juga mmeberikan efek yang positif untuk kulit.


8. Face oil

Sangat disarankan bagi kamu yang memiliki kulit kering untuk meggunakan face oil, untuk menghindari kulit yang terlalu berminyak dan lengket. Tidak disarankan menggunakan face oil bagi yang memiliki kulit berminyak, karena menimbulkan kulit semakin berminyak, dan bisa menimbulkan jerawat.


Kamu juga bisa menggunakan masker 1-2 sekali dalam seminggu untuk membantu kesehatan kulit lebih optimal. Juga disarankan menggunakan sheet mask sebagai tahapan terakhir pada skin care namun bersifat opsional, karena sheet mask memiliki fungsi untuk menutrisi kulit wajah lebih baik lagi.

4 views0 comments

Comentários


bottom of page