top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

The Colored Girl, Kampanye Yang Dibuat Untuk Merayakan Kecantikan Warna Kulit


Pictures by pinterest.dk

Apa arti kata cantik menurut kamu? Tubuh yang langsing atau kulit yang putih? Jika kamu masih menganggap bahwa definisi cantik adalah dengan memiliki tubuh yang langsing atau kulit yang putih, sebaiknya kamu segera hilangkan pemikiran tersebut, karena pada nyatanya di zaman sekarang ini definisi cantik semakin luas, Orang – orang sudah semakin terbuka dengan apa definisi cantik itu sendiri. Cantik tidak bisa hanya di definisikan dengan kulit putih, pepatah “beauty comes in every shades” menjadi salah satu pendukung bahwa siapapun kita, apapun warna kulit kita, kita semua memiliki kecantikan tersendiri.


Selain itu, standar kecantikan akan kulit putih juga berhasil dipatahkan oleh beberapa model dan ajang kecantikan dunia. Pada tahun 2019 lalu kelima ajang kecantikan dunia dimenangkan oleh perempuan berkulit hitam. Diantaranya adalah Miss Universe, Miss America, Miss Word, Miss USA, dan Miss Teen USA. Hal ini membuktikan bahwa wanita berkulit hitam juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan semua orang.


Hal yang sama juga terjadi dalam dunia fashion, dimana pada zaman ini sudah banyak sekali model dengan kulit gelap yang menghiasi cover majalah ternama, seperti Nyakim Getwach yang sukses dalam dunia fashion, dirinya juga dinobatkan sebagai orang dengan kulit gelap di dunia, ada juga Anok Yai yang berhasil menjadi model berkulit hitam kedua yang membuka pertunjukan busana untuk Prada.


Selaras dengan hal tersebut, terdapat kampanye yang mendukung kecantikan wanita dengan kulit gelap, The Colored Girl merupakan kampanye yang dibuat untuk merayakan kecantikan warna kulit. Kampanye ini digagas oleh stylist terkenal Tori Elizabeth dan penyanyi Victory Jones. Kampanye tersebut menghadirkan belasan model dengan kulit gelap, mulai dari sawo matang hingga hitam legam. Salah satu model yang menarik perhatian masyarakat adalah Khoudia Diop, diantara model yang lain Diop memiliki kulit yang paling hitam, bahkan sehitam arang. Dalam foto kampanye tersebut Diop tampil menawan dan sangat menonjol. Bahkan Diop juga dijuluki sebagai Melanin Goddes atau Dewi Melanin.



Pictures by pinterest.dk

Kampanye ini dilakukan untuk mendukung wanita berkulit gelap yang sering dikritik oleh banyak orang, selain itu wanita dengan kulit gelap juga sering kali mendapatkan haknya serta diperlakukan secara berbeda dengan orang lain. “Kampanye ini merupakan sebuah cara yang kami lakukan untuk mengekspresikan diri kami sebagai wanita yang memiliki kulit hitam, dengan merayakan penampilan kami yang asli dan alami, yang sering kali dikritik oleh media atau bahkan komunitas kulit hitam itu sendiri.”

3 views0 comments

Comments


bottom of page