top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Tidak Menampilkan Keberagaman, Ajang Miss India 2019 Jadi Kontroversi


Pictures by suara.com

Baru – baru ini media sosial diramaikan dengan para kontestan ajang Miss India 2019, dari seluruh kontestan yang ada mereka semua memiliki warna kulit yang sama, selain itu wajah mereka pun terlihat sama. Kontroversi ini berawal ketika Miss India merilis 30 foto para finalisnya, dari 30 foto tersebut semua kontestan memiliki kulit putih. Hal ini menuai kritik tajam dari netizen karena tidak adanya keberagaman, mengingat kebanyakan wanita di Asia Tenggara memiliki warna kulit gelap.


Orang – orang menganggap bahwa ajang ini terobsesi dengan standar kecantikan tertentu, yakni dengan kulit putih. Jika diperhatikan, ke tiga puluh kontestan memiliki fitur yang sama, yakni kulit putih, rambut panjang yang mengkilap. Banyak wanita yang berlomba – lomba untuk memenangkan ajang kecantikan ini dikarenakan dari ajang ini banyak perempuan yang bisa terjun ke dunia Bollywood, namun sangat disayangkan mengapa ajang kecantikan ini hanya terpacu pada standar kecantikan.


Dilansir dari detik.com, atas adanya kejadian ini banyak netizen yang memberikan kritik. “Semua kontestan menggunakan filter kecantikan yang sama, hal ini menunjukkan tidak adanya keberagaman dan inklusivitas.” Ujar salah satu warganet. Lebih lanjut lagi terdapat warganet yang menyebutkan bahwa semua ini adalah bentuk dari cloning brand perawatan wajah yakni Fair n Lovely, “Semuanya kloning Fair n Lovely, tidak ada representasi kecantikan dari bagian Selatan dan Timur laut dimana wanitanya memiliki kulit hitam, ini sehatusnya tidak disebut sebagai Miss India, namun ajang kecantikan India Utara-Punjabi.



picture from @Naa_Cheese on Twitter

Ternyata masih banyak sekali orang – orang yang berpatokan pada kulit putih untuk menjadi cantik, hal ini terbukti bahkan pada ajang kecantikan yang bergengsi para kontestannya memiliki kulit yang putih dan fitur wajah yang hampir sama dengan rambut hitam yang lurus dan panjang. Hal ini sungguh disayangkan mengingat kesetaraan warna kulit merupkan suatu hal yang penting. Pemahaman bahwa kulit putih lebih cantik dengan kulit hitam harus segera dihilangkan, seharusnya pada ajang kecantikan yang bergengsi seperti Miss India bisa menerapkan pemahaman bahwa cantik tidak hanya bisa dilihat dari kulit putih, mengingat kebanyakan wanita di India juga memiliki warna kulit gelap.

3 views0 comments

Comments


bottom of page