top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Tips Ketika Ingin Mecoba Mengganti Skin Care


Picture by seoulmamas.com

1. Pilih Produk Perawatan Kulit dengan Bijak

Cari tahu jenis dan masalah yang ada pada kulitmu. Apakah tipe kulit yang berminyak dan sering berjerawat? Atau kering dengan bintik hitam? Atau itu sangat normal dan hanya ingin memulai dengan anti-penuaan? Setelah itu, kamu dapat mencari produk yag sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun jangan langsung percaya dengan sebuah merek ya. Karena beberapa banyak pelembab dengan kulit berminyak berbahan komedogenik yang membuat kamu berjerawat. Selalu periksa daftar bahan untuk memastikan produk memiliki bahan aktif yang dapat menimmbulkan kejadian itu dan tidak dapat memperburuk keadaan.


2. Membaca Kandungan Skin Care

Kamu harus memperhatikan kandungan skin care, karena seperti yang sudah di bahas tadi, kamu harus menggunakan sskin carea sesuai kebutuhan kulitmu. Atau jika kamu melakukan pembelian online, kamu bisa mencari tahu kandungan yang terdapat di dalam skin care yang akan kamu beli, atau melihat review produk tersebut di produk tersebut di youtube.


3. Mencoba Sampel

Ketika kamu sudah membaca kandungan skin care tersebut, kamu juga harus mencobanya. Banyak toko yang menjual skin care yang menyediakan sampel untuk diberikan kepada pelanggan. Pegawai di toko tersebut biasanya mengetahui dan memahami skin care yang dibutuhkan kulit, sehingga mereka memberi rekomendasi skin care untuk kamu gunakan.


4. Melakukan Percobaan Dalam Kurun Waktu Tertentu

Kemudianm ketika kamu sudah mendapatkan sampelnya, jangan mengoleskan krim ke seluruh wajah. Karena jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kulitmu, kemungkinan kamu akan mengalami ruam merah dan gatal di seluruh wajah. Maka, oleskan sedikit pada area kecil, seperti pergelangan tanganmu, dan perhatikan apa yang terjadi selama 24 jam ke depan. Jika tidak terjadi apa-apa, kaamu dapat mencoba produk tersebut pada wajah. Namun bila terjadi efek samping, segera lah cuci tanganmu, dan jangan membeli produk tersebut, berarti tidak cocok dengan kulitmu.


5. Coba Tiap Produk Secara Bergantian

Lalu, ketika kamu sudah memiliki satu set perawatan kulit baru, atau agak berlebihan dengan membawa pulang membawa banyak perawatan kulit. Bagus sih, hanya saja jangan gunakan semua produk perawatan kulit barumu sekaligus. Mungkin kamu ingin sekali melihat keajaiban apa yang terjadi pada kulit mu. Tapi, bagaimana jika salah satunya mengiritasi kulit atau kamu berakhir dengan jerawat di seluruh wajah? Cobalah produk-produk tersebut satu per satu, seperti tiap 2/3 minggu sekali. Memang memakan waktu yang lama, tapi butuh waktu tang lama juga untuk melihat apakah produk yang kamu beli berfungsi dengan baik atau tidak.


6. Coba Pada Hari Alternatif

Ini hanya berlaku untuk produk dengan retinoid, asam glikolat, asam salisilat, benzoil peroksida, dan bahkan vitamin C. Semuanya memiliki efek pengelupasan, yang dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan jika digunakan terlalu sering. Kulitmu membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan produk tersebut, jadi gunakan hanya pada hari-hari alternatif (tidak rutin digunakan setiap hari, hanya pada salah satu hari saja) pada awalnya. Jika cocok, kamu dapat menggunakan lebih rutin.


7. Jangan Mencoba Produk Menjelang Hari Penting

Mencoba produk baru sebelum acara besar seperti pernikahan, kelulusan, atau kencan dengan seseorang yang spesial bukanlah ide yang baik. Karena bisa jadi produk yang sedang kamu coba tidak cocok dan dapat mengiritasi kulit. Jauh lebih aman untuk mencoba produk baru beberapa minggu (atau, lebih baik sebulan) sebelum acara besar. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang buruk, kulitmu memiliki banyak waktu untuk pulih.

2 views0 comments

Comments


bottom of page