top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Yuk, Rajin Menggunakan Sunblock Untuk Mencegah Kanker Kulit!

Masih tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup dinegara yang bertepatan dengan garis khatulistiwa, yang menjadikan suhu terasa lebih panas saat musim kemarau dan bahkan suhu yang tidak menentu pada saat musim penghujan. Melakukan aktivitas luar ruangan yang menjadikan kulit sering terkena paparan sinar matahari membuat kulit terasa perih dan kering. Lalu bagaimana cara merawat kulit dengan baik jika sering berada dibawah sinar matahari, dan cara merawat kulit pada malam hari?


1. Gunakan tabir surya

picture by kholic.id

Menggunakan tabir surya dengan baik yaitu memililih tabir surya SPF 30 keatas serta mengandung PA. Menggunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas, bahkan jika kamu sedang self isolation selama karantina sekarang juga dibutuhkan jika kamu memiliki rumah yang memiliki banyak celah sinar matahari yang masuk kerumah. Melansir dari kompasiana.com, manfaat tabir surya akan melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. UVA atau UVAaging adalah sinar ultra violet yang jikaa terpapar kulit terlalu lama dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan mengakibatkan penuaan berupa keriput dan noda hitam bahkan parahnya menurut World Health Organization, UVA dapat menyebabkan kanker kulit. Sedangkan UVB atau UVBurning adalah sinar ultra violet yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kemerahan, dan penggelapan kulit. Juga jika berada di luar ruangan yang terkena sinar matahari, alangkah baiknya menggunakan perlindungan seperti topi, kacamata hitam, dan baju yang tertutup.


2. Melakukan perawatan kulit pada malam hari


picture by medicalnewstoday.com

Melakukan perlindungan pada kulit tidakhanya pada siang hari, naun juga pada malam hari. Mengutip dari tabloidbintang.com, karena pada malam hari sel-sel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel abru serta kolagen ayng rusak. Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru. Untuk wajah gunakan pelembab yang mengandung aloe vera yang dapat menenangkan kulit, dan rangkaian skin care lainnya seperti menggunakan toner, serum, krim malam, juga sleeping mask/sheet mask sesuai kebutuhan kulitmu. Mengutip dari tribunnews.com, penggunaan body lotion sebelum tidur memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan kulit yaitu memperbaiki kekenyalan dan elastisitas kulit, membantu proses regenerasi kulit, mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, membantu memiliki tidur yang berkualitas, dan memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit. Juga dibantu dengan istirahat yang cukup, dilansir dari msn.com, selama jam tidur hidrasi tubuh (pemenuhan kebutuhan ciran tubuh) kamu diseimbangkan kembali dan ada peningkatan hormone peertumbuhan saat ia memperbaiki dirinya sendiri.


Pada intinya merawat kulit sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan kebuthan kulitmu, namun yang dianjurkan adalah tidak menggunakan krim pemutih ilegal yang memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Alangkah baiknya ketika kamu menentukan untuk melakukan perawatan kulit, baca terlebih dahulu mengenai kandungan pada produk yang akan kamu beli, jangan sampai kandungan dalam produk akan membahayakan kulitmu di masa depan atua bahkan dalam jangka panjang. Contohnya jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering, gunakan produk yang mengutamakan kelembaban kulit, juga ketika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak gunakan produk yang dapat mengontrol kadar minyak pada kulitmu. Semoga informasi yang kami diberikan bermanfaat ya Beauty peeps!

8 views0 comments

Komentarze


bottom of page