top of page
  • Writer's pictureSounds Of Color

Yunita Alanda Monim yang Maju Menjadi Miss Asia Global Internasional September Mendatang


Photo by @monimalanda on Instagram

Yunita Alanda Monim, yang merupakan perempuan asal Papua ini merupakan mahasiswi di Jurusan Planotologi Fakutltas Teknik, Universitas Cenderawasih. memiliki segudang prestasi. Ia dinobatkan sebagai Miss Asia Global Indonesia, pada Maret lalu. Yunita Monim dikabarkan sedang mempersiapkan dirinya mengikuti ajang Miss Asia Global Internasional yang akan digelar di Penang, Malaysia, pada 8-21 September 2020 mendatang. Ia menjadi satu-staunya perwakilan dari Indonesia yang maju dalam ajang ini. Perempuan kelahiran Sentano 17 Juni 1997 ini mengakuti bahwa dengan adanya pandemi Virus Corona tentu memberikan dampak terhadap persiapan dan kesiapan dirinya dalam mengikuti Miss Asia Global Internasional nanti. Meskipun demikian, Yunita tetap harus beraktivitas untuk melakukan banyak hal, sehingga ia benar-benar siap mengikuti ajang internasional tersebut.


Miss Asia Global merupakan sebuah ajang pemilihan perempuan muda, yang aktif dalam menyuarakan berbagai isu seperti kesehatan, lingkungan, wisata, juga budaya. Yunita Monim memang sudah tidak asing dengan ini, karena ketertarikannya terhadap hal tersebut. Prestasinya yaitu menang pada tingkat nasional yang mengalahkan kandidat lain dari berbagai provinsi di Indonesia, dengan membawakan materi “Peranan Perempuan dalam Politik”. Bahkan dengan berrbagai pretasi yang dimiliki untuk tanah kelahiran tercintanya, yakni Duta Genre Papua pada tahun 2015, dan juga Duta Wisata Provinsi Papua tahun 2016 dengan Top 5 tingkal nasional.

Photo by @monimalanda on Instagram

Kemudian ia juga menjadi Duta Humas Polda Papua pada tahun 2017-2018. Bersama Dinas Kehutanan Provinsi Papua yang turut mengikuti In The Green Foresty nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur, 2018, yang sekaligus menjuarai ajang tersebut. Yunita juga mengatakan jika ia juga mengikuti ajang Duta Bahasa Papua “Dan tahun 2020 saya mengikuti pemilihan Miss Asia Global Indonesia hingga menjadi pemenang” ungkapnya dengan rasa syukur. “Saya berterim kasih atas dukungan darai Bapak Kapolda Papua selama ini. Saya juga meminta dukungan doa dari teman-teman sekalian serta masyarakat Papua dalam pemilihan Miss Asia Global yang saya akan ikuti September 2020 nanti” lanjutnya.


Melansir dari tagar.id, mewakili Kapolda, Direktur Interkam Polda Papua Kombes Pol Alfred Papaew menyatakan komitmen pihaknya mendukung generasi muda Papua yang tengah mengukir sejarah baru. Anak muda Papua perlu adanya dorongan untuk mempengaruhi sesame, agar berani tampil dalam berbagai forum maupun kompetisi. “Yunita Monim ini telah menjuarai ajang kecantikan sekaligus intelegensia. Baoak Kapolda melihat ini sebagai pemantik untuk memacu genersi muda lainnya berani tampil bahkan meraih prestasi di berbagai bidang di kancah nasional, bahkan internasional” ungkapnya.


Kapolda Waterpauw, kata Alfred, ingin menunjukkan pada dunia bahwa Papua bukan hanya diingat sebagai daerah konflik. Melainkan, provinsi bagian paling timur di Indonesia yang banyak melahirkan generasi berprestasi di banyak bidang. “Faktanya memang begitu. Banyak anak-anak muda Papua berbakat, penuh talenta. Bahkan sudah banyak beprestasi secara nasional dan internasional. Ini yang terus kita dukung” ungkap Alfred.

10 views0 comments

Comments


bottom of page